Selasa, 08 Oktober 2013

2 cara menjadi orang sukses from edukasi kompasiana

Menjadi seorang pengusaha sukses seperti Bob Sadino, Sandiaga Uno, atau Chairul Tanjung, mungkin merupakan impian kebanyakan orang. Namun banyak dari orang – orang yang mungkin berkata; “Ah, saya kan bukan anaknya orang kaya ? Tidak mungkinlah bisa menjadi konglomerat hebat seperti mereka ! “ Hei, tunggu dulu ! Janganlah Anda memiliki keyakinan seperti itu, karena saya akan berbagi dengan Anda, bagaimana mereka bisa meraih sukses seperti hari ini.
Tahukan Anda, jika terdapat dua cara untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Dan saya yakin siapapun Anda, apapun background ekonomi dan sosial Anda, jika bisa mengikuti salah satu cara berikut dengan sabar, konsisten, fokus, dan penuh semangat, maka bukan mustahil bisa menjadi pengusaha sukses juga.
Cara pertama, bekerja dengan orang yang sudah sukses.
Ya, Anda bisa bekerja di suatu perusahaan yang sedang berkembang ataupun sudah maju, untuk dapat belajar banyak hal mengenai manajemen dan bisnisnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Sandiaga Uno, selulus kuliah di Amerika, ia bekerja pada perusahaan konsultan keuangan di Kanada selama beberapa tahun, lalu setelah mendapatkan banyak ilmu dan relasi, dan juga karena kebetulan ia menjadi korban PHK perusahaannya, maka ia pun kembali ke Indonesia untuk membuka PT Recapital Advisor, sebagai perusahaan konsultan keuangan, yang kini menggurita menjadi perusahaan investasi raksasa, diantaranya memiliki pesawat Mandala Air.
Oleh karena itu, janganlah Anda terlalu memperhitungkan gaji ataupun fasilitas dan tunjangan semata, karena dalam hal ini, tujuan utama Anda bekerja adalah untuk menimba ilmu dan pengalaman, serta menjaring networking. Ingat Anda harus fokus pada peluang, bukan fokus pada uang!

Cara kedua, belajar secara non formal dengan orang yang sudah sukses.

Anda bisa mengikuti seminar, kursus, tutorial, membaca buku, coaching, ataupun mentoring, dan bergaul serta bekerjasama dengan para pengusaha yang sudah terbukti sukses. Dengan cara begitu, maka pengalaman jatuh bangun mereka selama merintis bisnis, bisa Anda ketahui dan pelajari sejak dini, sehingga diharapkan dapat meminimalisir potensi kerugian yang bisa saja akan Anda alami. Karena untuk menjadi seorang pengusaha sukses, Anda tidak harus mengalami kerugian hingga milyaran rupiah dahulu, Anda tidak harus “menabrak “ sana – sini dahulu, walaupun resiko kerugian tetap saja ada dan tidak bisa dihilangkan sama sekali, namun Anda bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari orang sukses tersebut. Hal ini yang dilakukan oleh Chairul Tanjung, ia membuka bisnis produksi sepatu, dan bekerjasama dengan teman – temannya yang memiliki pengalaman dan keahlian di bidang sepatu, dan hingga kini ia berhasil menjadi pengusaha sukses yang diantaranya memiliki perusahaan besar seperti Trans TV, Trans 7, Bank Mega, Carrefour, dan portal berita no 1 di Indonesia, Detik.com.

Akan lebih baik jika setelah mendapatkan ilmu dari mereka, Anda langsung mempraktikkan membuat suatu bisnis, dengan menggandeng mereka, baik sebagai investor, konsultan/partner Anda. Karena dalam melakukan praktek bisnis dilapangan, membutuhkan sentuhan khusus yang kadangkala berbeda dari teori yang telah Anda dapatkan. Itulah pentingnya seorang mentor, yang bisa memantau perkembangan usaha Anda, yang bisa memberikan saran dan nasihat demi kelancaran bisnis Anda.

Memang tidak ada hasil besar yang dicapai tanpa pengorbanan, tanpa keringat, air mata bahkan darah. Maka semua berpulang kepada kemauan dan keyakinan Anda, apakah Anda benar – benar berkomitmen untuk mengubah masa depan Anda menjadi jauh lebih baik ? Apakah Anda benar – benar siap berjuang dan bekerja keras untuk menjadi kebanggan keluarga ? Maka segeralah wujudkan harapan dan impian Anda dengan action nyata, untuk berusaha untuk menjadi pengusaha sukses melalui salah satu cara diatas, mulai sekarang juga. Ya, wujudkanlah mulai hari ini, bukan besok !

sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2013/06/10/2-cara-menjadi-pengusaha-sukses-563828.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar