Kamis, 31 Oktober 2013

10 Strategi Cerdas Ambil Risiko dalam Bisnis

Bisnis — Apa yang ada dalam pikiran Anda begitu mendengar kata “risiko”? Kebanyakan orang akan langsung beranggapan negatif, apalagi bila berhubungan dengan membangun bisnis.
Padahal, bernai mengambil risiko dalam bisnis tidak selalu berakhir dengan buruk. Bahkan, pengusaha sejati justru akan memandang risiko sebagai sesuatu yang positif dan penuh tantangan. Tentunya, risiko ini dihadapi dengan strategi yang cerdas.
Berikut adalah 10 strategi cerdas dalam mengambil risiko berbisnis, yang dibeberkan oleh Martin Zwilling, diambil dari buku berjudul “The Risk Takers”, karya Renee dan Don Martin, di antaranya:
Cari dan kembangkan tren terbaru
Perubahan kultur atau tren ekonomi sering kali memberikan peluang usaha baru. Tantangan para pengusaha adalah untuk menyadari perubahan tersebut lebih awal. Kemudian mengambil tindakan, meskipun terdapat risiko. Inilah awal mula keuntungan para pelopor bisnis.
10 strategi mengambil risiko bisnis
Temukan harta karun yang terpendam dan temukan pasar yang belum dilirik oleh orang
Perusahaan dengan penghasilan triliunan rupiah sekalipun tidak akan sanggup untuk menawarkan segalanya kepada semua orang. Artinya masih ada pasar yang bisa menguntungkan Anda. Dan tentunya, tidak ada yang lebih menyenangkan dari menemukan pasar dengan potensi menguntungkan yang tidak dilirik atau bahkan diincar oleh orang lain.
Manfaatkan kelemahan pesaing sebagai kekuatan
Pengusaha dengan pandangan yang tajam akan memiliki bakat melihat dunia melalui sudut pandang konsumen atau pelanggannya. Kemampuan tersebut akan dapat membantu Anda untuk tampil menionjol dalam kekurangan dan kelemahan bisnis saingan Anda.
Tajamkan pandangan
 Setiap ada kesempatan, perhatikanlah dengan seksama area pasar yang terabaikan oleh pesaing. Hal tersebut lebih mudah untuk dilakukan, daripada Anda harus meredupkan produk-produkyang sudah terkenal dan menunggu perubahan konsumsi pelanggan. Meskipun, misalnya solusi yang Anda tawarkan lebih baik.
Patahkan aturan konvensional
Tahukah Anda, menantang tradisi yang sudah ada bisa membukakan pintu keuntungan kompetitif. Banyak pengusaha yang tercatat dalam buku sejarah yang berhasil karena mereka berani keluar dari formula dan cara berpikri yang mapan dan sudah ada.
Hemat uang dan beriklan dengan biaya murah
Memulai usaha dengan modal yang pas-pasan bisa saja dilakukan. Apalagi ada cara kreatif yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan tanpa menggunakan promosi atau iklan dengan biaya yang mahal. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti twitter atau facebook, blogging, serta promosi dari mulut ke mulut.
Jangan biarkan Anda dikalahkan oleh kesulitan dan kegagalan
Daftar nama-nama pengusaha yang sukses diisi oleh mereka yang tidak berhenti percaya pada diri sendiri. Meksipun mendapatkan cemoohan yang menyakitkan dari orang lain. Anda harus percaya dan yakin, ketekunan dan ketahanan akan membawa Anda menuju kesuksesan.
Percaya pada intuisi
Sebuah badan penelitian menyatakan, intuisi adalah seuatu bentuk nyata pengetahuan. Intuisi merupakan kemampuan yang dapat Anda asah dan kembangkan. Intuisis juga dapat bermanfaat dalam menyelesaikan masalah dalam lingkungan bisnis yang kacau atau tidak dapat diprediksi.  Dalam kondisi seperti itu, intusisi dapat mengalahkan analisis rasional.
Terus berinovasi
Untuk menciptakan perusahaan yang dikenal luas, pengusaha yang handal memulai dari nol, serta terus menyesuaikan diri agar dapat bertahan di tengah perubahan pasar. Sebisa mungkin, janganlah memiliki perasaan terlalu cepat puas. Hal itu sama seperti ban bocor halus, ketika Anda sadar, kerusakan ternyata sudah terlalu parah.
Mulai sekarang juga!
Bila Anda terus menunggu waktu yang tepat untuk membuka bisnis, bisa-bisa Anda tidak akan memulai bisnis Anda sama sekali. Kadang kala, menunggu malah hanya akan memberikan kesempatan pada pesaing untuk memukul Anda dengan tepat. Bila Anda percaya ide bisnis Anda akan sukses, ambila risiko dan mulailah beraksi. Waktu yang sempurna untuk bisnis tidak akan datang dengan sendirinya.

SUMBER : http://www.carikredit.com/berita/detail/01/08/2013/1631/10-strategi-cerdas-ambil-risiko-dalam-bisnis/#.UoTkvieo0p0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar