Senin, 25 November 2013

CUCI MOTOR PLUS PLUS ???

Bisnisyuk.com( SUMBER) - Cuci motor plus-plus? Eit, jangan berpikir negatif dulu. Usaha cuci motor ini memang ada plus-plusnya tapi positif. Jasa cuci motor sekarang ini makin manjamur. Ada yang secara mandiri, ada juga yang memilih waralaba agar pengembangannya cepat. Bisnis yang satu ini memang cukup menjanjikan. Dengan adanya kepraktisan di berbagai bidang, membuat kebanyakan orang menginginkan yang praktis juga untuk urusan cuci motor.

Saat ini, ada beribu motor memadati jalan raya. Ini berarti kesempatan untuk membuka usaha jasa cuci motor masih berpeluang besar. Coba lihat di tempat-tempat cuci motor, banyak pelanggan yang antri minta dilayani. Selain itu, usaha cuci motor ini tidak memerlukan modal yang besar. Anda hanya perlu membali alat-alat cuci motor saja. Masalah tempat? Anda bisa memanfaatkan garasi rumah yang bisa disulap menajdi tempat cuci  motor.  Bisa juga menyewa tempat orang lain yang letaknya strategis. Tidak perlu luas yang penting cukup untuk mencuci beberapa motor sekaligus.
Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika Anda berminat untuk membuka usaha cuci motor ini.

Pengetahuan serta Keterampilan
Dalam membuka usaha cuci motor, Anda memerlukan pengetahuan dan keterampilan tersendiri. Mencuci motor jangan asal-asalan, jaga standar kualitas kebersihan motor serta cara membersihkannya. Jangan sampai motor pelanggan Anda malah  menjadi rusak karena mesinnya terkena air. Gunakan juga pembukuan yang jelas dalam mengelola bisnis ini. Pembukuan ini menyangkut catatan tentang modal awal, pendapatan, dan pengeluaran opersional setiap bulan. a usaha tempat cuci motor. Selain itu, carilah pekerja pencuci motor yang tidak jauh dari tempat cuci motor Anda.

Modal
Untuk usaha cuci motor ini, setidaknya Anda harus menyiapkan tempat yang luasnya minimal 12 m2. Ini cukup untuk 2-3 motor sekaligus. Modal awal yang Anda perlukan sekita Rp. 5.000.000. Modal ini untuk membali peralatan cuci motor seperti pompa air, kompresor, sabun cuci, sampo motor, kain lap, sikat, pengkilap, selang, dan keran air. Selain itu, Anda juga harus menyediakan tenaga kerja sebanyak 2-3 orang. Usahakan salah satunya bisa mengerjakan tuga pembukuan. Jumlah pekerja ini bisa dikondisikan sesuai dengan banyaknya pelanggan.

Pelaksanaan Usaha Cuci Motor
Dalam pelaksanaannya, carilah tempat dengan penduduknya memiliki kendaraan motor. Pertimbangkan juga jika di lingkungan sekitar sudah ada jasa seperti ini. Latih pekerja tentang cara mencuci motor yang baik. Mulai dari mencuci, mengelap, sampai menyemir ban. Beritahukan bagian-bagian mana saja yang tidak boleh terkena air. Cari pekerja yang rajin dan ramah. Gaji sesuai dengan jumlah motor yang sudah  mereka cuci. Ini dimaksudkan agar pekerja menjadi semangat. Latih juga pekerja bagaimana cara menjalin hubungan yang profesional dengan pelanggan.

Dalam penentuan harga, Anda dapat menyesuaikannya dengan pelayanan yang Anda tawarkan. Biasanya harga jasa cuci motor seperti ini berkisar antara Rp. 4.500,- sampai Rp. 6000,-. Yang terakhir, catat administrasi serapi mungkin. Catta setiap pendapatan dan pengeuaran di setiap bulannya. Kelola usaha Anda ini dengan baik. Siapa tahu Anda dapat mengembangkannya dna mengkombinasikannya misalnya dengan adanya jasa ganti oli, atau penjualan motor bekas.

Layanan Plus-Plus
Nah, sekarang masuk ke nilai plus-plusnya. Agar usaha jasa cuci motor Anda berbeda dengan yang lain, Anda dapat menambahnya dengan disediakannya tempat menunggu yang nyaman, adanya softdrink di waktu-waktu tertentu, bahkan bisa juga dengan adanya fasilitas hotspot. Jadi pelanggan tidak akan jenuh saat menunggu. Nah, dengan adanya layanan plus-plus ini, Anda dapat menaikkan  tarif antara Rp. 500 –Rp. 1000 sesuai denagn layanan yang anda berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar